Go to Top

Wakil Ketua DPR Pernah Positif Corona, Formappi: Bahayakan DPR dan Jurnalis

Suara.com – Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus menyayangkan sikap Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang memilih diam saat mendapati dirinya positif Covid-19. Ia menilai sikap diam Dasco tersebut justru membahayakan keselamatan orang lain.

Sebagai pimpinan DPR, Lucius berujar seharusnya Dasco dapat terbuka mengenai penyakitnya. Apalagi ia positif Covid-19, wabah yang saat ini tengah menjadi perhatian Dunia.

“Kita menghargai privasi Dasco untuk menyimpan sendiri informasi soal kesehatannya, tetapi sebagai pejabat publik, dia juga harus tahu bahwa dia punya tanggungjawab atas banyak orang lain agar tak tertular. Karena virus yang kita bicarakan ini menular dari orang ke orang lain, maka tindakan menyembunyikan informasi itu baik sebagai pribadi maupun sebagai pimpinan parlemen tentu berisiko,” tutur Lucius kepada wartawan, Jumat (17/4/2020).

“Bayangkan dalam kondisi hanya Dasco sendiri yang tahu dan tiba-tiba harus bertemu dengan anggota DPR lain, juga jurnalis? Kan berbahaya tentunya,” sambung Lucius.

Lucius justru menyoroti momen diketahuinya politisi Gerindra tersebut positif Covid-19 usai Dasco mengemban tugas sebagai Koordinator Satgas Lawan Covid-19 yang belakangan mendapat kritikan masyarakat lantaran anggotanya berpose menggunakan seragam serupa alat pelindung diri (APD) sesaat sebelum berangkat ke RS Darurat Wisma Atlet.

“Jadi menyembunyikan informasi soal positif Covid jelas bukan tindakan yang benar atau tepat sebagai seorang pejabat publik karena itu bisa membahayakan orang-orang lain,” kata Lucius.

Untuk diketahui, Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad diketahui sempat terpapar Virus Corona dan dinyatakan Covid-19. Belakangan diketahui, Dasco telah sembuh dan negatif.
Informasi ihwal Dasco positif Covid-19 diketahui berdasarkan dari cuitan anggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra, Habiburokhman per 14 April 2020. Dalam cuitannya Habiburokhman mengaku mendengar langsung testimoni dari Dasco ihwal penyakit yang dialaminya pada bulan lalu.

“Merinding dengar testimoni Bang Dasco ternyata bulan lalu sempat Positif Covid dan isolasi mandiri tanpa cerita ke kawan-kawan DPR. Alhamdulilah beliau sudah sembuh dan negatif, sekarang berjuang di garis depan lawan corona,” tulis Habiburokhman seperti dikutip Suara.com, Kamis (16/4/2020).
Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Dasco membenarkan soal dirinya yang sempat poisitif Covid-19. Namun, ia belum membeberkan kapan waktu dirinya dinyatakan positif lalu berhasil sembuh.

“Iya betul. Saya isolasi mandiri bersama ya isolasi mandirinya itu ada enam orang, satu di rumah sakit dan kami sembuh semua gitu loh,” ujar Dasco kepada wartawan, Kamis (16/4/2020). Sumber

, , ,