Go to Top

Tanggapan Formappi: Krisdayanti Isi Reses Liburan ke Eropa di Tengah Ancaman Corona

Sebagai wakil rakyat di Komisi Kesehatan seharusnya Krisdayanti tidak memikirkan kepentingan pribadi di tengah merebaknya virus corona.

Sikap Anggota DPR dari Fraksi PDIP Krisdayanti yang berlibur saat reses bersama keluarganya ke Swiss di tengah pandemi corona mendapat sorotan tajam. Sebagai wakil rakyat di Komisi Kesehatan seharusnya Krisdayanti tidak memikirkan kepentingan pribadi di tengah merebaknya virus corona.

“Dalam kondisi negara dan bangsa tengah dilanda krisis karena pandemi corona, tak sepantasnya anggota DPR justru mengasingkan diri untuk kepentingan, kesenangan pribadi maupun keluarga,” kata Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/3).

Ironisnya lagi, Lucius menambahkan, masa reses DPR seharusnya tak digunakan anggota dewan untuk berlibur. Apalagi, kata dia, setiap anggota DPR memiliki angggaran reses yang besar untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya.
“Masa reses ini tidak gratis bagi anggota DPR karena dilengkapi dengan anggaran yang sangat besar, agar bisa memfasilitasi kegiatan anggota DPR menyerap aspirasi dari daerah pemilihannya. Masa reses itu bukan waktu untuk berlibur,” ucapnya.

“Saya sulit memahami bagaimana bisa ada anggota DPR yang memanfaatkan reses justru untuk berlibur. Saya kira ini pelanggaran terhadap tujuan reses sebagaimana diamanatkan oleh UU MD3,” lanjut dia.

Selain itu, kata dia, Krisdayanti gagal memberikan teladan kepada masyarakat dalam menghadapi wabah virus corona. Terlebih, Presiden Jokowi telah mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas di luar rumah, apalagi keluar negeri.

“Dan yang jelas posisi sebagai anggota DPR sekaligus pesohor membuat aksi KD yang berlibur di luar negeri terlihat jauh dari apa yang diharapkan dari seorang publik figur dan anggota DPR, tentang bagaimana menjadi tauladan bagi publik,” ucapnya dikutip kumparanNews.

Formappi menilai, sebagai anggota DPR Komisi Kesehatan, Krisdayanti mencederai imbauan Presiden Jokowi. Belum lagi bahaya ia menjadi pembawa virus corona.

“Maka dalam konteks itu kegiatan berlibur ke luar negeri saat ini mencederai misi pencegahan corona sebagaimana diimbau Presiden. Kita bisa membahayakan orang lain di luar negeri dan juga di dalam negeri setelah nanti kembali,” pungkas Lucius. Sumber 

, , ,